Tutorial Baru Menjual Produk Via Online

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, hampir semua orang dapat memasarkan / menjual dan membeli suatu produk atau jasa secara online. Dengan akses internet baik itu yang menggunakan smartphone atau komputer, Anda juga dapat melakukan transaksi jual-beli dengan cepat dan mudah.
TutorialBaru.com - Menjual Produk Via Online

Nah, sekarang bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang online, ada berbagai media yang dapat Anda gunakan untuk promosi dan memasarkan produk atau dagangan Anda. Baik itu produk yang baru ataupun bekas dapat Anda jual dengan memanfaatkan dan memaksimalkan 6 Langkah Tutorial Baru berikut ini:

#1 Menggunakan Aplikasi Pesan
Aplikasi pesan yang berkembang saat ini semakin banyak, seperti contoh: LINE, BBM, dan kini banyak juga yang menggunakan aplikasi WhatsApp. Aplikasi perpesanan gersebut bukan hanya untuk sekedar chatting, bertukar pesan pribadi, atau ngobrol, namun Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menjual produk / barang. Sekarang ini, banyak para pelaku online shop yang memanfaatkan aplikasi perpesanan tersebut.

Bahkan pada masa sekarang ini WhatsApp dan Line sudah meluncurkan aplikasi secara khusus untuk bisnis yang ditujukan bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan adanya membuat akun untuk bisnis, Anda dapat lebih mudah untuk berinteraksi, saling komunikasi dengan para pelanggan dan juga untuk pengembangan bisnis Anda.
TutorialBaru.com - WhatsApp Business

Bahkan dengan adanya aplikasi WhatsApp Bussiness ini, Anda dapat memiliki dua (2) akun dalam satu unit gadget Smartphone. Jadi ini sangat membantu Anda dalam melancarkan bisnis Anda.

#2 Menggunakan Website Toko Online Sendiri
Menjual barang via online di website toko online sendiri memang agak merepotkan, terlebih bagi Anda yang belum bahkan tidak pernah mengelola sebuah blog atau website. Namun, ingat tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selama mau untuk belajar dan menambah wawasan, dapat dipastikan Anda pun dapat membuat situs website toko online sendiri atau sering disebut dengan e-Commerse. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, Anda dapat mempelajari beberapa Tutorial Baru untuk Anda dalam membuat dan membangun situs e-Commerce. Secara realita lebih baik Anda membangun situs e-Commerce, dengan tujuan agar bisnis Anda terlihat lebih profesional dan Anda juga akan lebih bebas dalam mengelola bisnis Anda.
TutorialBaru.com - e-Commerse

Kini sudah banyak dijumpai platform untuk membuat website toko online, seperti contoh Sirclo dan Shopify. Dan bagi pebisnis pemula, saya anjirkan Anda untuk mencoba platform tersebut untuk membuat situs toko online dengan tampilan desain yang elegan.

#3 Menggunakan Website Marketplace
Website marketplace selain mempertemukan para penjual dengan calon pembeli di dunia maya, proses jual-beli juga sudah tersistem secara rapi, baik dan aman. Bahkan biasanya sudah tidak ada tawar-menawar lagi dan website marketplace juga memfasilitasi transaksi pembayaran secara online.

Mungkin juga Anda sudah pernah dan sering menjumpai banyak website marketplace sekarang ini, seperti contoh yang banyak digunakan di Indonesia yaitu : Lazada, Tokopedia, BukaLapak, Shopee, Elevania, Zalora, Bhinneka, dan lain sebagainya. Silahkan Anda Coba mendaftarkan diri / regitrasi menjadi seller atau merchant, karena dengan memanfaatkan Marketplace, produk / barang jualan Anda memiliki peluang besar untuk dilihat dan diakses oleh ribuan bahkan jutaan pelanggan di situs tersebut.
TutorialBaru.com - Marketplace di Indonesia

#4 Memanfaatkan Sosial Media
Sosial Media atau sering kita dengar istilah "sosmed", kini telah menjadi bagian dari gaya hidup modern seseorang. Para pengguna sosial media sudah mencapai puluhan hingga ratusan juta user / orang di Indonesia, yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk berjualan yang menjanjikan pada masa sekarang ini.

Ada banyak platform sosial media yang bisa digunakan untuk berbisnis, seperti Instagram, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya, bahkan penguuna terbanyak user / pengguna Sosial Media sekarang ini ialah Facebook. Anda dapat memanfaatkan salah satu atau mungkin beberapa, bahkan semua sosial media tersebut untuk melakukan promosi produk / barang dagangan Anda. Selain itu Anda juga dapat berinteraksi dan membangun komunitas para konsumen di dunia maya dengan Sosial Media tersebut.
TutorialBaru.com - Sosial Media

#5 Memanfaatkan Forum Komunitas Online
Forum online adalah wadah untuk menemukan orang-orang dengan minat yang cenderung sama.

Anda dapat melakukan diskusi tentang berbagai topik secara bebas, seperti contoh : gosip selebriti, politik, ilmu pengetahuan, hobi, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat juga beberapa forum yang memfasilitasi para penggunanya untuk berjualan. Seperti contoh : forum jual-beli di Kaskus.com, di Detik.com, dan lain-lain. Anda dapat mencoba untuk bergabung menjadi member komunitas tersebut, kemudian Anda mulai membuat thread / beberapa postingan untuk mempromosikan produk / barang yang Anda jual.
TutorialBaru.com - Forum Online
Namun perlu Anda ingat juga, ikuti kebijakan forum yang Anda ikuti agar akun Anda tidak sampai di-banned karena Anda melakukan hal-hal yang melanggar kebijakan dan peraturan di forum tersebut.

#6 Menggunakan Iklan Baris Online
Kalau dulu sering kita jumpai iklan barus di Surat Kabar atau media cetak, kini Anda juga dapat menjumpai iklan baris di Media Online. Perlu Anda fahami juga, bahwa iklan baris online ada yang gratis ada juga yang berbayar. Memang dari kedua fasilitas tersebut baik secara gratis maupun berbayar, masing-masing pasti ada kelebihan dan kekurangan. Silahkan Anda pilih sendiri sesuai dengan kriteria yang Anda harapkan.
TutorialBaru.com - Iklan Baris Online

Anda dapat bergabung di website iklan baris untuk memperluas jangkauan promosi Anda. Di dalam iklan baris tersebut, Anda dapat membagikan informasi singkat tentang produk / barang yang Anda jual dengan menyertakan beberapa gambar pendukung. Perlu Anda ketahui juga, ada iklan baris online yang hanya berupa teks dan tidak memfasilitasi gambar. Silahkan Anda buat kalimat rangkaian kata-kata yang promotif untuk menarik minat para calon pembeli Anda.

Contoh situs iklan baris online yang dapat Anda jumpai dan paling diminati adalah OLX. Selain itu juga ada beberapa media berita online juga ada yang memfasilitasi iklan baris online, seperti PosKotaNews dan Warta Kota.

Nah, itulah beberapa Tutorial Baru untuk menjual produk / barang secara online yang dapat Anda coba dan maksimalkan. Khususnya bagi para pemula, persiapkan strategi promosi dan teknik pemasaran yang efektif.

Bisnis online memang menjanjikan, namun seiring berjalannya waktu, kini sudah semakin ketat persaingannya.

Selamat mencoba, dan semoga sukses...!!!

Jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar yaaaaa......

0 Response to "Tutorial Baru Menjual Produk Via Online"

Post a Comment


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel