Tutorial Baru Mencari Supplier yang Baik

Supplier merupakan salah satu bagian penting dalam berbisnis, terlebih jika Anda memang masih belum memiliki produk sendiri.
Supplier ialah perusahaan / toko yang memasok / menyediakan produk untuk toko kita.
Terlepas dari bentuk bisnis kita seperti apa, ntah itu reseller (beli dari supplier, stoking produk, kemudian dijual lagi) atau dropshipping (mencari customer, jika ada yang pembelian dari custmmer minta supplier mengirim barang ke customer tersebut).
Supplier dapat juga diartikan sebagai perusahaan / toko yang memasok / menyediakan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi dari suatu pabrik / workshop.
Bahan baku tersebut nantinya akan digabungkan dan diolah untuk membuat produk baru dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi oleh pabrik / worksop tersebut. 
Istilah supplier juga dapat diganakan kepada para pemasok kebutuhan pendukung / support kantor atau perusahaan tertentu (misalnya semacam merchandise perusahaan).  Jadi kedudukan supplier memang sangat penting dalam sebuah bisnis.
Supplier - TutorialBaru.Com

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Supplier?
Dalam urusan bisnis, peran supplier memang sangat penting. Dengan adanya supplier dapat menjadikan sebuah perusahaan lebih fokus terhadap bidang tertentu. Hanya sedikit perusahaan yang luar biasa dan benar-benar super, yang mampu mengadakan semua kebutuhan bisnisnya mulai dari bahan baku mentah sampai menjadi sebuah produk untuk dipasarkan kepada konsumen. Karena jika semua step dilakukan oleh 1 (satu) perusahaan saja, perusahaan tersebut memerlukan usaha, tenaga, dan biaya lebih besar.
Setiap perusahaan membutuhkan ilmu, sumber daya, pengalaman, riset dan pengembangan untuk mencapai titik efisiensi dan efektifitas produksi yang baik dan sempurna.
Mungkin dengan langkah menggunakan supplier akan membuat pengeluaran perusahaan Anda menjadi sedikit lebih tinggi dibandingkan jika Anda melakukan atau membuat barang itu sendiri, namun dari segi keuntungannya Anda menjadi lebih fokus kepada hal-hal yang memang jadi core business / hal utama dalam bisnis di perusahaan Anda. Selain itu juga hasil produksi dari perusahaan supplier yang memang core businessnya adalah membuat produk / barang itu, tentu memiliki kualitas hasil dan biaya produksi yang lebih baik dan sempurna.
Sebagai ilustrasi, perusahaan Anda adalah sebuah perusahaan / bisnis yang bergerak dibidang digital marketing khusus produk fashion. Tentu Anda akan fokus memasarkan berbagai produk fashion. Itulah yang menjadi keahlian Anda.
Kemudian Anda mempunyai supplier yang membantu pengadaan berbagai produk makanan. Perusahaan A memasok jaket, Perusahaan B menyupplay baju, Perusahaan C memasok celana, dan seterusnya. Semua produk tersebut dibuat sesuai standar, desain, dan bahan yang sesuai dengan permintaan Anda.
Setelah sampai di gudang Anda, semua bahan dari supplier seperti jaket, baju, celana, dan produk-produk lain dari supplier tersebut akan Anda kasih brand / label / merk perusahaan Anda kemudian barang-barang tersebut Anda pasarkan kepada para custommer.
Sudah dapat diapastikan Anda akan fokus membuat funneling marketing, mencari traffic, dan langkah-langkah yang lain untuk memasarkan produk-produk yang sudah Anda kasih brand Anda tersebut. Dan dari situlah Anda akan fokus pada langkah penjualan untuk mendapatkan keuntungan. 


Jika dianalisa, perusahaan A jago dalam membuat jaket, Perusahaan B ahli dalam memproduksi baju, dan Perusahaan C juga jagonya dalam membuat celana.
Sekarang silakan Anda bayangkan jika semuanya Anda yang lihai dalam memasarkan barang secara online, harus membuat sendiri semua produk tersebut, tentunya jauh dari harapan. Begitupun sebaliknya, jika Perusahaan A yang ahli dalam membuat jaket tersebut membuat baju dan celana juga kemudian memasarkan produk tersebut, dapat Anda simpulkan sendiri pasti akan jauh dari hasil yang diharapkan. Dan itu berlaku pada sekian banyak perusahaan.
Pada intinya di dalam dunia bisnis tetap dibutuhkan Kerja Sama, dan dari sinilah mungkin Anda sering mendengar istilah relasi dan hubungan. Di dunia ini tidak ada yang dapat hidup sendiri. Begitupun dalam lingkup bisnis.
Oleh karena itu, kedudukan supplier juga menjadi sangat penting di dalam bisnis online. Dan tentunya supplier yang diperlukan adalah yang professional / supplier yang baik. Karena jika Anda salah pilih dalam mencari supplier yang mampu memberikan kualitas sesuai permintaan, justru reputasi Anda yang akan menjadi jelek.
Anda yang akan dicaci maki oleh para pelanggan, bahkan mungkin akan ditinggalkan para pelanggan Anda.

Supplier yang baik akan menjadi jaminan kelancaran bisnis Anda. Sebelum Anda mendari supplier yang baik, silahkan Anda fahami terlebih dahulu ciri-ciri supplier yang baik.
Berikut adalah beberapa hal yang menjadi ciri-ciri supplier yang baik:
1. Harga produk kompetitif.
2. Mampu menyupplai produk sesuai dengan standar kualitas yang diminta konsumen.
3. Mampu mengamankan stok / memiliki kuantitas produksi yang cukup sesuai perjanjian.
4. Mampu menyupplai produk sesuai dengan waktu yang disepakati bersama.
5. Punya customer service yang baik dan tanggap melayani order maupun complain.
6. Memberikan kesempatan untuk garansi atau return, jika memang barang tidak sesuai dengan permintaan.
Ciri-ciri Supplier Baik - TutorialBaru
Selektif dalam memilih dan mencari supplier yang baik sangat diperlukan, agar Anda terhindar dari masalah-masalah yang sering terjadi saat berhubungan dengan supplier, berikut diantaranya:
1. Kualitas produk yang disupplai tidak sesuai dengan yang kesepakatan bersama.
2. Jika produk dari supplier merupakan bahan baku, bisa jadi akan menimbulkan masalah dalam proses produksi, yang akan berakibat pada produk akhir yang diproses di perusahaan Anda menjadi rendah kualitasnya.
3. Produk dengan kualitas rendah yang nantinya membuat konsumen Anda kecewa dengan pelayanan toko /perusahaan Anda.
4. Reputasi / nama baik perusahaan Anda akan tercoreng dan Anda akan kehilangan konsumen, akibat dari kualitas produk yang tidak sesuai.
5. Supplier dengan manajemen stok (ketersediaan barang) yang buruk juga bisa membuat pembeli Anda kecewa. Mungkin Anda menyampaikan barangnya ready karena melihat stok di supplier ada, namun saat Anda minta supplier mengirim barang, ternyata stoknya habis. Proses produksi Anda terhenti karena stok bahan baku di supplier habis.
6. Ongkos produksi menjadi lebih tinggi jika Anda tidak bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang kompetitif (murah), hal ini menyebabkan harga produk akhir dari Anda juga menjadi tinggi, sehingga pembeli akan memilih produk pesaing Anda yang harganya lebih rendah.
7. Apabila supplier Anda tidak mampu mengirimkan bahan baku atau produk (dropshipper) sesuai waktu yang telah dijanjikan, toko / perusahaan Anda juga yang akan menanggung kerugian, proses produksi terganggu, mendapatkan complain dari pelanggan, bahkan bisa jadi Anda akan kehilangan pelanggan.
8. Anda butuh supplier yang cepat dan tanggap terhadap komplain, seperti misalnya : barangnya rusak, yang harus retur (dikembalikan), atau minta dikirim barang dengan kondisinya baik. Apabila supplier Anda buruk dalam menangani komplain justru toko atau perusahaan Anda yang mendapat penilaian buruk dalam hal menangani komplain.Karena memang ada juga supplier yang tidak mempunyai fitur garansi dan tidak melayani return barang. Akibatnya Anda yang harus keluar biaya lebih untuk mengganti barang yang rusak tersebut atau mengembalikan uang konsumen Anda.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih supplier dan upayakan Anda memiliki banyak pilihan supplier, tentunya supplier yang baik agar reputasi took / perusahaan Anda tetap terjaga dan Anda dapat bertahan serta mengembangkan bisnis Anda.

Berikut tutorial baru mencari supplier yang baik untuk bisnis anda ;

1. Rajin Berkunjung ke Bazaar dan Pameran Bisnis
Bazaar maupun pameran bisnis adalah ajang yang sudah lazim dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam urusan produk.
Tujuan mereka mengikuti ajang seperti itu ialah untuk memperkenalkan produk yang mereka miliki kepada para pelaku bisnis yang lain, dengan harapan akan timbul kerjasama yang dihasilkan.
Silahkan Anda juga turut serta dalam ajang tersebut karena merupakan kesempatan emas untuk membangun relasi dan jaringan, kerjasama, menambah wawasan dan tentunya diharapkan Anda dapat menemukan supplier dengan harga termurah dengan kualitas yang Anda inginkan.

2. Mendatangi Sentra Industri
Selain mendatangi bazaar dan pameran, silahkan Anda coba untuk mendatangi sentra industri yang mempunyai produk yang Anda butuhkan.
Disini bukan berarti Anda harus berkunjung ke sentra industri yang memiliki produk yang sama persis dengan Anda, namun Anda juga dapat mendatangi produk-produk penunjang dari produk Anda.
Sebagai contohnya, Anda berbisnis sepatu kulit, tempat yang Anda datangi adalah sentra pengolahan kulit dan bukan sentra industri sepatu itu sendiri.
Dengan datang ke sentra industri bahan baku secara langsung, Anda dapat berkomunikasi dan menyaksikan langsung proses produksi yang dilakukan oleh supplier yang mungkin telah Anda incar.
Dengan menjalin kerjasama dengan supplier tersebut diharapkan Anda dapat menemukan harga terbaik, dengan kualitas yang bagus dan tentunya secara langsung ataupun tidak Anda akan memiliki wawasan dalam hal bahan baku, sehingga jika suatu saat ada permasalahan terkait bahan baku Anda dapat menjelaskan kepada konsumen terkait bahan baku tersebut.


3. Bergabung dengan Komunitas Bisnis
Dengan langkah Anda bergabung dengan komunitas bisnis, informasi akan Anda dapatkan dengan sangat mudah, dan hasilnya peluang Anda mendapatkan supplier yang memiliki harga kompetitif juga akan semakin mudah.
Ada banyak komunitas bisnis baik secara offline ataupun online. Jika Anda mencari supplier di Media Sosial Facebook, silahkan Anda coba cari dengan menggunakan kata kunci “bisnis” di kolom pencarian, nantinya akan muncul banyak grup yang berkaitan dengan bisnis. Silahkan Anda pilih yang menurut Anda dapat membantu Anda dalam mencari relasi / jaringan sebagai penunjang bisnis Anda.
Di dalam group tersebut akan terdapat banyak member / orang yang memiliki minat yang sama, tentunya yang sesuai dengan urusan bisnis. Disini besar kemungkinan terdapat juga supplier yang sedang mencari orang yang mau menjadi reseller atau dropshipper dari supplier tersebut.
Silakan riset grup mana yang menurut Anda sesuai dan relevan dengan bisnis Anda, silahkan bergabung dengan grup tersebut, sharring dan bangun interaksi di dalam group tersebut dengan tidak menyalahi aturan yang telah disepakati di dalam group tersebut. Anda dapat berkenalan dan menjalin kerja sama dengan anggota grup yang lain dan Anda pun dapat mencari supplier di dalamnya.



4. Memperluas Jaringan Informasi dan Komunikasi
Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda sudah melakukan perluasan informasi dan komunikasi. Dan karena sekarang ini sudah masanya aktif di dunia online Anda juga sebaiknya memanfaatkan situs pencari misalnya Yahoo, Google, atau Bing untuk menggali informasi yang Anda butuhkan.
Silahkan Anda maksimalkan keberadaan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, agar dapat lebih mudah juga terhubung dengan para calon supplier Anda.
Satu hal yang wajib Anda ingat bahwa media online sangat rawan dengan kejadian penipuan, Anda harus sangat berhati-hati dan selektif. Kaji dulu track record nya, atau Anda juga dapat mencari informasi terkait testimony supplier tersebut.

5. Mengikuti Workshop dan Mastermind
Selain langkah diatas, untuk membangun network / jaringan bisa juga Anda tempuh dengan mengikuti Mastermind dan Workshop mengenai bisnis.
Anda dapat mencari pelatih / coach atau trainer bisnis. Bisnis online yang sudah memiliki nama baik dan reputasi yang tinggi silahkan Anda ikuti kelompok mastermind, kursus / training / workshop yang mereka adakan.
Memang terkesan buang-buang waktu dan kadang ada yang mengeluarkan biaya, karena biasanya jika kelompok Mastermind yang Anda ikuti level nya semakin tinggi, biaya kursus / workshop / training nya juga semakin tinggi. Namun Anda harus melihat sisi potifnya, karena Anda dapat mencari relasi dari ajang tersebut.
Biasanya semakin besar nama seorang trainer / coach, besar kemungkinan jaringannya juga akan semakin berkualitas. Dan orang-orang tersebut dapat Anda temui di dalam ajang workshop tersebut. Selain Anda mendapatkan update ilmu dari para coach, Anda dapat juga saling bertukar kontak / kartu nama, dan juga mencari peluang bisnis. Dan ini bisa juga sebagai alternatif tempat Anda mencari supplier.
Bahkan Ada juga coach yang memiliki layanan untuk mempertemukan orang-orang yang memang mencari peluang bisnis atau mungkin coach tersebut menawarkan kerja sama untuk kerjasama dalam hal bisnis.

Semoga TutorialBaru ini dapat menambah wawasan Anda utamanya dalam hal mencari supplier-supplier yang baik.

Jika Anda ingin menambahkan artikel ini sebagai tambahan wawasan, silahkan ketik di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, dan Salam Sukses.

0 Response to "Tutorial Baru Mencari Supplier yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel