Tutorial Baru Tingkatkan Penjualan Meski Harga Produk Mahal

Tutorial Baru Tingkatkan Penjualan Meski Harga Produk Mahal

Bagaimana Caranya Untuk Tingkatkan Penjualan Meski Harga Produk Mahal…?

Sebuah pertanyaan yang mungkin muncul dari sejumlah kalangan marketer, utamanya bagi para pemula atau yang baru terjun di dunia marketer. Memang hal tersebut bukan menjadi persoalan bagi pelaku Marketing Senior, namun tidak ada salahnya juga untuk mendalami Tutorial Baru ini untuk memacu kinerja dan hasil para marketer.

Silahkan Anda simak Tutorial Baru dibawah ini;

Penjualan Produk Dengan Strategi Meningkatkan Nilai (Value)

Supaya dapat menentukan value (nilai) terbaik untuk produk Anda, ada beberapa faktor di dalam strategi penjualan produk yang harus Anda perhatikan : 

1. Target Market Anda

Hal pertama dalam strategi penjualan produk yang harus anda perhatikan dengan serius ialah;
Anda harus memahami siapa Market Anda dengan bagus dan tepat.
Buatlah semacam riset-riset kecil untuk menentukan orang seperti apa mereka. Misalnya; Catat dan perkirakan apa jenis kelamin mereka, berapa umur mereka, apa saja yang menjadi permasalahan mereka, apa ketakutan terbesar yang menghantui mereka, dan apa saja impian mereka. Perlu Anda ingat juga, manusia pada umumnya digerakkan dua tombol, pain (rasa sakit) dan gain (mimpi).

Di mana mereka aktif berkumpul, di media sosial apa saja mereka aktif, dan setinggi apa kemampuan ekonomi mereka. Pemahaman yang baik terhadap hal ini akan membuat Anda dapat mempersiapkan perkiraan penawaran semacam apa yang akan membuat mereka tertarik.

Secara langsung atau tak langsung dengan hasil riset tersebut nantinya Anda akan memahami karakter, criteria, dan bahkan bisa nyambung saat anda berhubungan dan berkomunikasi, utamanya pada saat Anda menawarkan produk yang hendak anda pasarkan.

2. Produk dan Apa Yang Anda Miliki

Disini Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup akan produk Anda. Dalam hal ini sering disebut product knowledge. Silahkan Anda kenali dengan baik apa kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Lebih bagus lagi jika Anda memang sedang menggunakan produk tersebut. Jadi Anda bisa menjelaskan lebih detail dari kacamata pengguna produk secara langsung. Dan Anda juga harus yakin bahwa produk yang Anda pasarkan itu memang baik dan sangat bermanfaat. Jangan sampai Anda hanya jualan saja, tanpa meyakini produk itu bagus. Atau setidaknya jika Anda seorang affiliate yang menjualkan produk orang lain, riset terlebih dahulu produk tersebut, baca berbagai review tentang produk tersebut, baca testimoni para penggunanya, baru Anda pasarkan jika memang mereka menilai produk tersebut bagus.

3. Memahami Funneling Penjualan Produk Anda

Funneling adalah semacam affiliate atau saluran bisnis yang berada di lingkup dunia marketing.

Funneling berasal dari kata funnel (corong). Supaya mudah, mari kita perhatikan ilustrasi sederhana berikut. Funneling penjualan sangat erat hubungannya dengan perjalanan customer (customer journey). Funneling Anda harus membunyai kemampuan yang kuat untuk membawa calon customer Anda berjalan dari titik A (awal) sampai deal ke titik D (akhir) dan menjadi costomer. 
Tutorial Baru - Memahami Funneling
Funneling

Dari awal mereka tidak sadar bahwa mereka sedang mempunyai masalah, sampai ke titik mereka menemukan suatu solusi di dalam bentuk produk utama Anda (core offer).

Sebagai gambaran, dari yang awalnya tidak tahu apa-apa, sampai punya pengetahuan yang cukup untuk memahami bahwa produk Anda layak dibeli dengan harga premium/tinggi. Dan dari yang semula tidak mengenal siapa Anda, sampai jadi fans Anda yang loyal. 

Secara singkat ada beberapa titik dalam customer journey : 

1.) Lead magnet (penawaran gratis ditukar kontak pribadi calon customer)

2.) Trip wire (produk dengan harga murah) 

3.) Core Offer (produk yang utama) 

4.) Profit Maximizer (produk premium dengan privilege dan keistimewaan) 

5.) Return Path (cara agar mereka kembali lagi ke toko Anda, bisa untuk pembelian ulang, atau membeli produk yang lain / memasuki funnel baru) 

6.) Program Referral (dapat benefit jika dapat membawa teman / pelanggan baru) 

Contoh : Dropbox akan memberikan tambahan kapasitas penyimpanan jika pengguna berhasil merekomendasikan atau membawa pelanggan baru, padahal awalnya gratis. 

Penawaran menggoda seperti apapun jika ditawarkan pada titik yang salah tidak akan membuat konversi selling (penjualan) yang baik. Misalkan Anda menawarkan sebuah obat pembakar lemak hebat merek terkenal setengah harga pasar. Jika Anda menawarkan obat tersebut kepada orang yang sudah memahami kegunaan dan manfaat produk tersebut, memahami merek dan obat tersebut, serta tahu harga pasarannya, pasti produknya laku keras. Namun jika Anda menawarkan obat tersebut kepada orang-orang yang awam, tidak merasa punya masalah dengan berat badan, tidak tahu akibat obesitas, apalagi tahu nama produk dan harga pasarannya, kemungkinan besar produk Anda tidak laku. Bahkan nantinya banyak yang bilang harganya terlalu mahal.

Anda juga dapat membuat Produk Anda menjadi Viral, silahkan baca Tutorial Baru Membuat Produk Viral di Media Sosial

Lalu bagaimana strategi penjualan produk yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai/value suatu produk…?

Berikut ini beberapa Tutorial Baru dan strategi penjualan produk untuk meningkatkan nilai/value suatu produk: 

1. BONUS 

Tidak ada orang yang tidak suka bonus/hadiah. Jadi dengan memberikan bonus merupakan salah satu strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan nilai suatu produk. Bahkan kadangkala ada bonus yang begitu menariknya, sehingga orang membeli bukan karena memahami produk atau manfaatnya akan tetapi karena bonus-bonusnya.

Jika Anda punya produk yang lama, atau dapat dikategorikan sudah tidak lagi menjadi trend, atau apapun yang dapat Anda jadikan bonus, silahkan Anda jadikan bonus. Atau mungkin jika Anda memiliki produk yang harganya murah tapi bermanfaat, itu juga dapat Anda gunakan sebagai bonus.

Bonus memang menjadi strategi yang sangat menguntungkan jika Anda adalah seorang produk creator (pembuat produk). Anda yang buat produknya, lalu Anda yang tentukan harganya. Apalagi jika produknya berupa digital, seperti e-course atau e-book.

Modalnya bisa dikatakan nol rupiah, karena bermodal dari kreatifitas, waktu, dan tenaga Anda. Disini Anda punya fleksibilitas dalam menentukan nilai, berapa kira-kira harga yang layak. Sehingga tidak akan menjadi masalah jika Anda punya produk A dan B. Bisa Anda jual secara terpisah. Misalnya saat Anda jual produk A dapat bonus produk B, begitu juga sebaliknya.

Beberapa strategi bonus yang bisa Anda temukan diantaranya: 

a. Bonus produk lain / jasa / aksesoris yang berhubungan dengan Produk Utama

Misalnya :
* beli Tas Ransel => mendapat bonus cover hujan untuk Tas
* beli motor => mendapat bonus helm dan jaket
* beli laptop => mendapat bonus tas laptop dan mouse
* beli e-course => mendapat bonus free membership closed grup support
* beli e-course / buku tentang digital marketing => mendapat bonus 5 e-book dan e-course Blogging

b. Bonus produk lain / jasa / aksesoris yang tidak ada hubungannya dengan Produk Utama

Misalnya :
* beli rumah => mendapat bonus sepeda motor
* beli e-course => mendapat bonus T-Shirt

Atau silahkan lihat ilustrasi di bawah ini,
Tutorial Baru - Bonus McD
Bonus McD

* beli paket McDonald / KFC => mendapat bonus mainan Captain America atau The Avengers.
Silahkan Anda bandingkan ayam goreng McDonald dengan ayam goreng kaki lima.
Ayam goreng McDonald harganya yang jauh lebih mahal, selain karena nama brand yang sudah besar, tempatnya juga kelas restoran, tidak hanya menjual ayam goreng, dan seringkali Anda juga akan mendapat tawaran bonus yang jenisnya bermacam-macam sesuai trend, terkadang saat lagi hits film Minions McD bagi-bagi mainan minions, di lain kesempatan merchandise Piala Dunia saat Piala Dunia sedang berlangsung.
Hal tersebut merupakan salah satu strategi yang menjadi daya tarik McD kepada para pelanggan.

2. ADAKAN UNDIAN BERHADIAH


Tutorial Baru dalam penjualan produk yang satu ini dapat dipakai untuk menarik perhatian calon customer. Biasanya orang akan membeli sebuah produk mengharapkan hadiah undian yang lebih besar nilainya. Dengan tutorial baru tersebut merupakan salah satu upaya kita dalam pengenalan produk, dimana nanti akan menjadi lebih akrab dengan produk tersebut, terlebih sudah merasakan manfaat atau perbedaan dengan produk lainnya.

Dalam melakukan undian ada beberapa langkah yang dapat Anda gunakan. Berikut tutorial baru untuk mengadakan undian berhadiah;

* Mencantumkan nilai hadiah, misalnya : mobil Avanza senilai Rp 200 juta
* Hadiah yang bentuk dan ukurannya besar lebih, ini akan lebih menarik daripada yang berukuran kecil, walaupun harganya sama, misalnya : hadiah motor seharga 15 juta terlihat lebih menarik daripada perhiasan dengan harga 15 juta juga.
* Hadiah undian yang banyak diminati, dan dipergunakan sehari-hari bisa lebih menarik daripada hadiah yang mungkin belum tentu disukai semua orang (berkenaan dengan selera).
Contoh : hadiah payung atau piring cantik gratis mungkin lebih menarik daripada hadiah 
topi atau T-Shirt (fashion) yang unik, karena fashion ini erat kaitannya dengan selera, ada orang yang suka gaya kasual, ada juga yang formal, ada pula yang antik, dan lain sebagainya. 
* Usahakan menemukan hadiah yang terlihat/terkesan mahal. (padahal didapat dengan harga murah/gratis karena barang dari sponsor/endorse).
* Hadiah eksklusif yang jarang ditemukan atau hanya Anda yang bisa memberikan barang tersebut, itu akan tampak lebih menarik, daripada hadiah umum yang biasanya dijadikan hadiah 
Seperti contoh: gelas eksklusif di bawah ini, terlihat berbeda dan tampak lebih keren daripada gelas yang biasa.
Tutorial Baru - Bonus Hadiah Eksklusif
Hadiah Eksklusif

* Selain itu Anda juga perlu memperhatikan bahwa ada tips mengadakan undian yang dilakukan lebih menarik daripada undian yang jarang dilakukan, meskipun nilai hadiahnya lebih kecil.
Misalnya : undian berhadiah 5 motor mio seharga 15 jutaan setiap bulan, akan lebih menarik daripada undian 1 mobil mewah seharga 1 milyar 1 tahun sekali.


3. MEMBUAT BUNDLING

Jika Anda memiliki beberapa produk, tidak ada salahnya Anda mencoba tutorial baru ini sebagai strategi penjualan produk. Misalnya produk A dengan harga normal 100rb, dan produk B seharga 120rb, Anda dapat membuat bundling/paket dengan harga yang lebih murah. Dari harga produk A+B yang seharusnya 220rb. Anda buat paket dengan harga jual 200rb. Hal ini juga akan menjadi magnet tersendiri dalam penjualan anda, terlebih dengan sekali transaksi dapat terjual 2 (dua) produk sekaligus.

Bundling ini juga bisa dibuat untuk jumlah produk yang lebih banyak. Jika Anda bundling banyak produk, usahakan harga gabungannya jauh lebih murah agar tampak menggiurkan. Namun, tetap perhitungkan profit yang akan Anda dapatkan.

Bundling sangat cocok jika Andal adalah yang membuat produknya. Karena Anda bisa tentukan sendiri berapa harga jualnya. Bisa jadi cocok juga untuk para reseller yang biasa membeli stok dalam jumlah banyak, karena biasanya reseller memang biasa mendapatkan harga grosir (harga reseller selalu lebih rendah).

Namun sebagai catatan, hal ini kurang pas jika Anda adalah seorang dropshipper yang memasarkan produk populer dengan margin profit yang terlalu sedikit. Tetap selalu cermat dan lakukan riset terlebih dahulu harga modal, biaya penjualan/marketing, harga pasar (toko lain), dan margin profit yang Anda dapatkan.

Gambar di bawah ini sebagai contoh bundling di dunia nyata: 
Tutorial Baru - Contoh Bundling
Bundling

4. BELI MAKIN BANYAK HARGA MAKIN MURAH

Tutorial Baru ini dapat Anda jadikan sebagai strategi dalam penjualan produk, karena sudah umum dan banyak dilakukan oleh para pelaku marketing. Dan ini merupakan strategi penjualan produk yang banyak dilakukan para reseller (beli banyak untuk stok & dapat diskon).

5. MENGGUNAKAN JASA ENDORSE

Tutorial Baru - Menggunakan Jasa Endorse
Jasa Endorse
Dengan menggunakan jasa dari selebriti (artis/olahragawan terkenal) juga merupakan salah satu strategi penjualan produk yang sudah umum digunakan untuk meningkatkan nilai/value sebuah produk. Image artis/olahragawan tersebut juga ikut menentukan harga. Semakin terkenal dan disegani selebriti yang menjadi endorse tersebut akan membuat kesan sebuah produk nilainya meningkat.

Sebagai perbandingan, sebuah produk yang dipromosikan artis internasional akan dipandang lebih oleh calon customer dibandingkan dengan produk yang hanya dipromosikan oleh para artis lokal, terlebih artis yang begitu terkenal.

6. JELASKAN KEUNGGULAN PRODUK

Sebenarnya ini sudah mutlak harus dilakukan jika Anda ingin memasarkan suatu barang atau jasa. Anda harus dapat meyakinkan calon pelanggan bahwa produk Anda layak dihargai atau dinilai pada titik harga penjualan yang telah Anda tawarkan.


Jelaskan secara detail apa saja yang menjadi keunggulan produk Anda, sampai pada penjelasan manfaat produk Anda untuk pelanggan, sehingga secara tersirat anda akan memberikan pemahaman kepada calon customer mengapa produk Anda patut dihargai dengan nilai harga tersebut.

Harga yang nilainya tinggi tentu juga sebanding dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Penjelasan tentang fitur apa saja yang ada di dalam sebuah produk juga hal yang sangat penting, karena akan meningkatkan kesan positif dan pemahaman para calon pelanggan mengapa produk Anda memang layak dengan value/nilai yang tinggi.
Tutorial Baru - Penjelasan Fitur
Penjelasan Fitur
Anda dapat mengintegrasikan berbagai informasi mengenai keunggulan produk Anda di dalam Funneling Anda. Semakin mahal produk Anda, harus dapat menjelaskan semakin banyak dan lengkap mengenai informasi produk tersebut yang harus Anda sampaikan kepada calon pembeli Anda. Buatlah funneling yang tepat agar dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap secara bertahap dan tertarget.

7. GARANSI

Jika Anda juga sudah benar-benar yakin dengan kualitas produk yang Anda pasarkan, Anda dapat memberikan garansi kepada customer, hal ini bisa menjadi nilai tambah untuk produk Anda.

Misalnya: 100% uang kembali, barang yang rusak dalam 1 tahun diganti baru, atau dngan metode yang lain. Disini akan lebih meyakinkan custommer bahwa produk anda layak dengan value/nilai yang tinggi, karena produk yang harganya murah biasanya punya kecenderungan punya kualitas yang rendah. Sedangkan garansi dari Anda akan menunjukkan bahwa produk Anda bukan barang murahan.

8. AFTER SALES SUPPORT YANG PATEN

Banyak produsen kelas dunia yang kini sudah sangat menyadari bahwa kepuasan konsumen itu sangat penting. Konsumen yang puas dengan kualitas suatu produk dan pelayanan dari Anda dapat menjadi konsumen setia Anda. Bahkan dapat merekomendasikan produk Anda kepada saudara dan orang-orang terdekatnya.

Selain itu mereka yang puas lebih mudah Anda yakinkan untuk membeli produk Anda lagi atau membeli produk Anda yang lain.

Berikan berbagai privilige/keistimewaan dan dukungan untuk mereka. Agar mereka punya kedekatan yang lebih istimewa dengan perusahaan Anda dan berorientasi kembali lagi membeli produk Anda.

Dukungan after sales yang baik juga dapat menjadi salah satu tips untuk meningkatkan nilai produk Anda.


Misalnya: beli motor mendapat servis gratis selama 6 bulan, beli produk A mendapat diskon 10% untuk pembelian berikutnya, pembeli yang merefensikan temannya dapat komisi 20%, dan sebagainya.

Untuk memahami lebih dalam, silahkan baca Tutorial Baru After Sales Support Yang Efektif

<= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = >
Itulah beberapa Tutorial Baru yang dapat Anda jalankan untuk meningkatkan value/nilai produk Anda. Salam sukses untuk Anda semua. Jika ada yang mau menambahkan silahkan bagikan di kolom komentar yaaaa……..

Post a Comment