Tutorial Baru Membuat Headline yang Menarik Perhatian Orang

Tutorial Baru Membuat Headline Menarik
Tutorial Baru - Headline
Mungkin pernah ketika Anda di jalanan, tiba-tiba di pemberhentian lampu merah ditawari sebuah koran melalui kaca mobil. Dan melalui halaman depan koran tersebut, Anda pun pernah membeli karena penasaran dengan berita yang terpampang di halaman depan.

Hal tersebut bukan hal pertama dan hanya terjadi ketika Anda membeli sebuah koran saja, namun juga ketika Anda hendak membeli sebuah buku, novel, majalah, dan lain sebagainya.

Sebuah pertanyaan yang perlu Anda pelajari adalah, Apa yang membuat Anda memutuskan untuk membelinya? Sedangkan yang Anda lihat hanya cover atau tampilan depan saja?

Itu semua karena bersumber dari hebatnya kekuatan Headline!

Headline yang baik ialah yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu seseorang. Dan dari dorongan rasa ingin tahu tersebut yang pada akhirnya akan memaksa seseorang untuk mengetahui lebih dalam isinya.

Menurut data dari Copyblogger, 80% dari pengunjung website telah membaca headline yang Anda berikan. Namun, sekitar 20% saja yang benar-benar akan menyelesaikan untuk membaca isi konten/artikel hingga akhir.

Satu hal yang juga harus Anda ketahui adalah, jangan sampai membuat sebuah headline yang tidak relevan dengan isi artikel, karena akan berdampak buruk dan menjadikan penilaian negatif dari pengunjung terhadap relevansi website Anda. Selain itu, jangan membuat sebuah headline yang terlalu panjang, sebagai acuan panjang karakter jangan sampai lebih dari 62 karakter. Hal ini akan berpengaruh pada mesin pencari, karena mesin pencari akan cenderung memotong headline Anda, sehingga jangka panjangnya akan berdampak buruk yaitu akan menurunkan dan akan membuat tingkat visitor/pembaca situs/website Anda menjadi rendah. Untamanya jika Anda menargetkan konten/artikel di dalam situs/website Anda masuk halaman pertama mesin pencari Google.

Terdapat 3 Tutorial Baru yang dapat diaplikasikan untuk membuat sebuah headline agar mampu menyita perhatian visitor/pembaca situs/website Anda.


1. Buat Headline Yang Unik

Maksud kata ‘unik’ di sini ialah harus mampu berbeda dari kebanyakan judul yang pernah ada, atau dapat diartikan belum pernah ada yang menggunakan judul tersebut.

Lantas, bagaimana membuat sebuah headline atau judul yang unik?

Tutorial nya sederhana, persiapkan sebuah judul atau headline terlebih dahulu. Lalu dari judul yang telah Anda persiapkan tersebut hubungkan dengan Google dan sertakan tanda kutip seperti pada gambar di bawah ini.

Tutorial Baru Buat Headline Yang Unik
Pencarian Judul

Jika judul yang Anda persiapkan tersebut tidak ada pada hasil search Google, artinya tidak ada yang menggunakannya dan dapat Anda jadikan sebagai headline yang tepat untuk postingan di dalam situs/website Anda.

Note: Jangan sampai lupa untuk menggunakan tanda kutip ganda demi untuk mendapatkan hasil yang tepat pada mesin pencari, seperti mesin pencari Google. Dalam contoh di atas, tidak memiliki hasil pada mesin pencari Google.

Tentu sudah ribuan orang yang dapat menargetkan kata kunci yang sama, tetapi tujuan Anda adalah untuk menulis konten/artikel dengan sebuah judul yang tidak dipakai oleh orang lain.


2. Buat Headline Yang Lebih Spesifik

Ini merupakan Tutorial Baru kedua dalam membuat sebuah Headline yang Menarik Perhatian Orang.

Sebagai acuan, The New York Times menyebutkan bahwa kurang fokusnya pada visi dan perencanaan merupakan salah satu penyebab 33% dari sekian usaha gagal. Pada hakikatnya, ini menyangkut juga tentang visi Anda dalam membuat artikel/konten di dalam situs anda, harus relevan, dan fokus.

Spesifik artinya sesuai dengan apa yang ingin dibahas. Anda harus fokus dan memahami juga tentang apa yang ingin anda publikasikan, karena sudah jelas bahwa calon visitor/pengunjung Anda memiliki sebuah pertanyaan dan disaat membuka situs/website Anda menginginkan sebuah jawaban untuk mengatasi pertanyaan/permaslahannya. Disini sudah dapat Anda simpulkan bahwa jika Anda dapat memberikan mereka dengan judul yang lebih spesifik dan sesuai untuk menjawab pertanyaan mereka, maka sudah dapat dipastikan Anda akan mampu mengkonversi mereka menjadi visitor/pembaca yang loyal. Dan bahkan bukan untuk satu konten saja, cenderung nantinya akan kembali mencari situs Anda untuk menjawab pertanyaan/permasalahan yang lainnya. Dan semakin Anda mendapatkan kepercayaan melalui konten/artikel yang Anda bagikan, maka semakin Anda juga akan memliliki otoritas yang kuat untuk membangun interaksi dengan para pengunjung/pembaca.

Pada intinya Anda memang perlu untuk menetapkan tujuan dalam membuat konten yang spesifik dan realistis. Jangan sampai membingungkan pembaca dengan judul yang Anda berikan.


3. Sertakan Juga Tingat Urgensi dan Scarsiti

Tutorial Baru yang ketiga ini merupakan faktor pendukung dan dapat menjadi sangat penting, karena dengan adanya menyertakan tingkat urgensi pada sebuah artikel/konten Anda bertujuan untuk mendorong pembaca agar sesegera mungkin membaca konten Anda.

Para Copywriter biasanya juga meningkatkan konversi visitor/pembaca dengan menggunakan urgensi di dalam konten mereka. Dengan cara tersebut, pembaca akan lebih cepat responnya terhadap konten/artikel yang kita publikasikan. Hal ini menyangkut juga pada faktor psikologis manusia yang cenderung akan terbujuk untuk membeli sesuatu berdasarkan faktor emosional, namun masih memerlukan juga logika dan analisa mereka untuk pengambilan sebuah keputusan.

Tingkat Urgency dan Scarcity biasa digunakan dalam situs-situs jual beli untuk membantu membangkitkan gairah pembeli/customer.

Urgensi dan Scarsiti - Membuat Headline yang Menarik
Urgency dan Scarcity
Urgensi (Urgency) dapat disimpulkan sebuah penawaran khusus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan Scarsiti (Scarcity) adalah keterbatasan stok yang tersedia. Untuk lebih jelas silahkan Anda lihat ilustrasi di atas yang biasa digunakan pada beberapa situs/website ecommerce.

0 Response to "Tutorial Baru Membuat Headline yang Menarik Perhatian Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel