Tutorial Baru Optimalkan Konten Agar Masuk Halaman Pertama

Kenapa sih, kok harus di halaman pertama?

Pertanyaan yang muncul saat Anda memulai blogging. Anda hatus bisa membuat target untuk memasuki halaman pertama pada pencarian google. Sekalipun prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan dan membutuhkan waktu yang relatif. Setidaknya dengan waktu 2-5 bulan kedepan artikel / konten Anda harus dapat masuk ke halaman pertama pada pencarian google. Dengan adanya Anda masuk di halaman pertama google, Anda akan mendapatkan pengunjung yang original, dimana nanti akan berpengaruh juga terhadap penilaian google atas kualitas artikel / konten Anda. Selain itu dengan adanya Anda berada di halaman pertama pada mesin pencari, semakin sering juga pengunjung datang ke konten Anda, yang nantinya akan berpengaruh terhadap pendapatan di google adsense.

Sedangkan untuk mendapatkan halaman pertama pada mesin pencari google memerlukan beberapa trik yang ampuh dan tentu saja tidak dengan spamming, karena percuma kalau konten yang sudah dibangun begitu rumit dan uspaya yang susah payah namun hasilnya di tendang jauh-jauh oleh google, siapapun itu pasti tidak mau?

Sekalipun Untuk mendapatkan Halaman Pertama / Page One ini cara yang tidak mudah, namun harus anda coba karena jika konten anda berhasil masuk di halaman pertama mesin pencari google, sangat besar keuntungannya.

Untuk mendapatkan hasil yang sama, Silahkan simak langkah Tutorial Baru di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, agar postingan / konten anda masuk di halaman pertama pada mesin pencari google. Langkah-langkah di bawah ini Anda fokuskan pada konten yang berwujud artikel / tulisan. Berikut tips yang dapat Anda jalankan :

1. Maksimalkan Kualitas Konten

Sebelum melangkah lebih jauh mari Anda fahami terlebih dahulu, Apa Itu Konten?
Konten adalah isi yang berada dalam suatu wadah media. Media dapat berbentuk berita, blog, atau media sosial. Konten merupakan tulisan / artikel, gambar, audio, dan video yang disampaikan dalam media tersebut.
Kesimpulannya, bukan hanya tulisan / artikel saja yang menguasai halaman pertama mesin pencari google. Untuk lebih jelas silahkan simak gambar berikut dengan keyword / kata kunci yang berbeda.



Dari hasil pencarian menunjukkan Berita yang memuat update harga emas antam.



Sedangkan dari hasil pencarian tersebut justru menunjukkan Situs Jual Beli yang memuat penjualan Laptop Acer.

Jadi kesimpulannya adalah tidak semua konten yang berwujud artikel yang memasuki halaman pertama mesin pencari Google.

Lalu, bagaimana dengan upaya untuk memaksimalkan konten agar bisa maksimal untuk mendapatkan halaman pertama di mesin pencari google?

Hal pertama yang harus anda perhitungkan adalah kualitas dari konten yang anda buat. Banyak yang tidak memahami bagaimana cara memperhitungkan konten yang berkualitas. Mungkin kelihatannya memang sulit sekali untuk dijalankan namun tidaklah sesulit yang dibanyangkan jika anda mau untuk mencobanya. Bahkan jika sudah memahami langkah-langkahnya nantinya akan menjadi mudah dan nantinya selalu membuat konten yang berkualitas dan maksimal.


Sedangkan jika website Anda berisi dengan konten-konten yang berkualitas sudah dapat dipastikan akan mendapat banyak keuntungan bagi Anda, salah satu contoh akan mendapat feedback berupa rupiah yang Anda hasilkan dari adsense.

Lantas bagaimana cara memaksimalkan konten yang berkualitas? Silahkan ikuti langkah berikut :

a.) Buat Konten Yang Original

Mengapa konten harus original? Karena jika anda duplikasi dari konten orang lain baik konten yang berupa video, gambar ataupun artikel nantinya akan menjadi suatu pelanggaran dan mendapatkan hukuman dari Google, yang dampaknya bisa membuat Anda kembali ke titik awal. Atau seperti yang telah Tutorial Baru sampaikan di atas, akan ditendang jauh-jauh oleh pihak Google.

Kemudian bagaimana tips untuk menyusun konten yang original? Konten original yang dimaksud disini adalah yang sejalan dengan ketentuan Google. Buatlah konten yang bersumber dari ide atau pikiran anda sendiri, yang nantinya dapat berjalan secara continue dan topik bahasan pada konten anda tidak loncat kemana-mana.
Untuk tutorial baru Membuat Konten Original silahkan kunjungi disini

b.) Fokus Terhadap Headline Yang Kuat

Buatlah konten yang focus, karena pada dasarnya website yang baik adalah memuat konten yang membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Sebagai statistic pertimbangan 80% orang membaca headline anda dan hanya 20% yang akan melanjutkan untuk membaca seluruh isi konten anda. Maka dari itu buatlah konten yang menarik, bahasa mudah difahami dan fokus pada pokok permasalahan agar pengunjung tetap melanjutkan membaca artikel anda.
Lebih jelasnya silahkan kunjungi Tutorial Baru Membuat Headline yang Menarik Perhatian Orang

c.) Dapat Memberikan Jawaban Suatu Permasalahan

Pada dasarnya tujuan dari mesin pencari adalah untuk menyediakan sejumlah jawaban yang tepat dan memberikan kepuasan terhadap pengunjung setelah mereka mengunjungi konten Anda. Ketika diketik sebuah pertanyaan di mesing pencari Google akan disajikan beberapa tautan, gambar, dan video untuk menjawabnya. Nah disini Anda bersaing dengan para blogger dan pembuat konten yang lain untuk memberikan jawaban yang diharapkan oleh pengunjung. Disisi lain setelah mereka mengunjungi konten seseorang mengharapkan relevansi dan keakuratan jawaban utuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Maka dari itu Anda jadikan acuan untuk membuat konten yang jelas dan terperinci agar pengunjung tidak loncat kemana-mana untuk mendapatkan jawaban tesebut.

d.) Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi

Akurasi laporan dan informasi akan membangun kepercayaan dari pengunjung. Salah satu diantaranya adalah memberikan data dan menautkan sumbernya. Berikut beberapa tips berkaitan dengan hal ini:

• Pertimbangkan kepada siapa Anda akan menautkan sumber. Tautkan sumber yang dapat dipercaya dan memiliki otoritas tinggi. Memberikan tautan ke website yang berkualitas dan berotoritas tinggi akan membangun lebih banyak kepercayaan dari pengunjung.

• Memberikan tautan lebih banyak ke konten. Semakin banyak Anda mendukung apa yang sedang Anda tulis, tentunya dengan sumber-sumber yang akurat konten Anda akan menjadi semakin terpercaya.

• Membuat tautan ke sumber dan konten lain yang sejenis, ini untuk membantu mesin pencari mengetahui isi dan kategori dari konten Anda.

e.) Buat Konten Findable (Mudah Ditemukan)


Konten yang Anda buat akan sia-sia jika tidak ada yang membacanya. Maka dari itu Anda harus membuat supaya konten anda mudah ditemukan baik itu dari dalam situs Anda, atau dari luar situs Anda. Ini berarti melalui mesin pencari atau melalui backlink dari seseorang. Untuk materi Backlink nanti akan Tutorial Baru jelaskan di bawah.

f.) Konten Yang Readable (Mudah Dibaca)

Ini yang lebih utama dari sebuah konten. Design yang bagus dan tulisan yang tersusun rapi, mudah difahami akan membuat pengunjung lebih fokus dalam memahami isi dari konten anda. Buat konten yang sesuai dengan bahasa sendiri, susunan huruf mulai dari ukuran, warna latar belakang, warna font, buat seminimal mungkin agar mudah untuk dibaca dan tidak jenuh pada saat memahami isi konten anda.

g.) Konten Yang Memorable (Selalu Diingat)

Buat konten yang sifatnya tidak hanya sekedar menghibur, sedangkan selama 2 menit kedepan sudah hilang dari pikiran. Padahal konten yang selalu diingat, membuat pengunjung kembali mencari konten Anda, dan merekomendasikannya ke teman atau mungkin di share juga di social media para pengunjung. Ini akan manjadikan efek positif konten Anda yaitu mendapatkan para pengunjung baru.

Anda dapat membuat konten lebih memorable dengan memastikan dapat menjawab pertanyaan, seperti yang telah disampaikan Tutorial Baru di atas.

Memang membuat konten berkualitas dan menarik bukan hal mudah, Konten yang menarik tidak lekang oleh waktu. Mungkin membuat konten pada hari ini namun 3 tahun bahkan puluhan tahun kedepan,konten Anda masih tetap dilihat dan dibagikan oleh orang. Ini yang akan selalu meningkatkan traffic situs Anda.

2. Perhatikan Batas Minimal Konten

Berkaiatan dengan video webmaster yang sudah beredar dapat Anda tarik kesimpulan bahwa untuk mendapatkan postingan berada di halaman pertama pada mesin pencari google, harus kaya akan konten yang anda buat. Sekilas mengenai batas minimal ukuran konten khususnya yang berwujud artikel, ajuran para ahli seo yang sudah kami jadikan referensi, artikel konten setidaknya memuat 600 kata. Hal ini dilakukan seperti yang telah kami bahas tentang bagaimana cara kerja mesin pencari google untuk menentukan relevansi konten dalam sebuah situs blog. hal inilah yang harus anda terapkan agar postingan yang anda buat bisa berada di halaman pertama google.

3. Perhatikan Keyword

Yang tidak kalah penting dalam upaya membuat konten agar masuk halaman pertama pada mesin pencari google, adalah fokus terhadap keyword yang anda perkirakan nantinya. Hal ini sangat dianjurkan agar postingan / konten dapat diterima oleh mesin pencari Google untuk menentukan releansi keyword dan juga bagaimana proses orang mencari postingan anda melalui keyword yang telah anda perkirakan tadi. Sekilas memang terlihat sulit, tapi apa salahnya kalau Anda juga memahami langkah-langkahnya.

Ideal keyword untuk postingan adalah 3,5% seperti yang sudah dikatakan oleh beberapa master seo, bahwa keyword density yang baik untuk konten / postingan adalah maksimal 3,5%, jangan sampai melebihi batas, sebab jika membuat keyword yang terlalu banyak maka akan berdampak buruk karena dianggap spam oleh mesin pencari. Istilah ini disebut Keyword Density.


Keyword Density adalah pengulangan kata yang berada didalam konten / artikel yang Anda buat. Setiap search engine / mesing pencari berbeda-beda, misalkan mesin pencari menggunakan yahoo dan bing maksimal disearch engine ini sampai 7%. untuk mesin pencari google, kepadatan keyword density yang baik dan ideal untuk adalah 1,5% sampai 3,5%. Apabila tindakan pengulangan kata yang melebihi dari 5% pada mesin pencari google justru menjadi buruk, bahkan dapat dikategorikan sebagai spam.

4. Dapatkan Backling Kualitas
Untuk menjadikan konten yang optimal agar masuk di halaman pertama mesin pencari google, backlink merupakan hal inti yang sangat penting. Mungkin banyak yang harus dijelaskan untuk mendapatkan backlink, utamanya adalah backlink yang berkualitas. Karena disini nanti akan berkompetisi dengan para penguasa Page One / Halaman Pertama mesin pencari google.

Untuk mendapatkan backlink yang mudah dan cepat Anda dapat mensubmite konten / artikel (postingan) ke sosial media, seperti facebook, twitter atau google plus. Namun hal tersebut dampaknya hanya sedikit bahkan tidak dapat menjamin koten Anda memasuki halaman pertama mesin pencari.

Lalu bagaimana backlink yang berkualitas? Silahkan simak tutorial baru di bawah ini;

a.) Sediakan konten yang berkualitas

Seperti yang sudah Anda fahami cara tutorial baru diatas, yaitu memaksimalkan kualitas konten. Mengapa konten memang harus berkualitas? Secara logika, tidak ada orang yang akan merekomendasikan konten tidak bagus. Tidak hanya itu, Google juga dapat menilai apakah konten anda berkualitas atau tidak. Meskipun Google sifatnya hanya sebagai mesin pencari.

Secara garis besar menilai kualitas konten itu sangat mudah. Misalnya, konten yang tidak berkualitas: tidak dibaca dalam waktu yang lama oleh pengunjung. Buktikan sendiri di Google, tidak ada artikel yang tidak berkualitas memasuki halaman pertama mesin pencari google. Maka dari itu, sekali lagi tutorial baru menekankan kualitas konten harus benar-benar berkualitas.

b.) Minta kepada pemilik website lain

Sepintas memang terlihat konyol, karena secara garis besar jika Anda minta kepada seseorang untuk memberikan backlink situs Anda pun nantinya akan bersaing dengan situs website mereka. Namun semua tidak ada yang tidak mungkin. Begitupun juga dalam upaya Anda untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda pun mencoba untuk meminta kepada pemilik website lain untuk memberikan backlink ke konten/artikel/posting pada situs website Anda.
Untuk minta kepada pemilik website lain agar memberikan backlink ke konten Anda silahkan simak dan ikuti tutorial baru di bawah ini;


1.) Temukan beberapa pemilik situs website yang topiknya sama/mirip dengan milik Anda. Silahkan cari website yang lebih populer dan dikelola secara aktif.
2.) Temukan kontak dan akun jejaring sosialnya. Ini akan berujung pada komunikasi dan interaksi dengan pemilik website tersebut.
3.) Jalin hubungan baik dan positif. Berikan komentar yang positif setiap kali ada artikel baru pada website mereka, silahkan tweet dan bagikan artikel mereka, dan mulailah percakapan melalui sosial media, kemudian pasang link ke konten mereka.
4.) Ajak interaksi dan komunikasi. Silahkan berkomunikasi dan mendekat dengan mereka untuk mendapatkan respon positif dari mereka. Secara logika orang akan memberikan backlink dengan orang-orang yang sudah kenal dan berhubungan baik.

Kembali tutrial baru menegaskan cara di atas memang kemungkinan sangat kecil keberhasilannya. karena disisi lain secara umum orang akan memberikan bantuan keada orang yang kenal bahkan akrab dengan mereka. Dan jika cara mendapatkan backlink dengan langkah minta kepada pemilik website lain tersebut gagal, Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru sebagai wawasan dan referensi Anda untuk membangun website dengan membuat konte/artikel baru.