Tutorial Baru Berjualan Online via Sosial Media

Sumber: google.com

Sekarang sudah bukan rahasia lagi bahwa media sosial merupakan salah satu ladang yang subur untuk memanen keuntungan khususnya bagi yang sedang menekuni bisnis e-commerce atau jualan online. Namun tanpa langkah yang tepat dalam memasarkan produk via jejaring sosial sulit untuk mendapatkan pelanggan, bisa berujung kegagalan, bahkan menjadikan sebuah petaka. Lantas bagaima langkah yang tepat? 

Setidaknya ada 10 tips jualan online melalui jejaring sosial yang dapat Anda jalankan. 

1. Targetkan Pasar yang Potensial 

Tidak semua individu dapat menerima penawaran semua produk. Orang hanya menunjukkan minat kepada produk tertentu yang dibutuhkan. Misalnya seorang perempuan muda yang hobi dengan aksesori emas tidak akan kurang tertarik ketika ditawari produk seperti tas dan lai sebaginya. 

Sama halnya dengan seorang penggemar klub Barcelona tidak akan tertarik membeli jersey Real Madrid. Bahkan bagi yang fanatik dengan club nya akan membuahkan hujatan dan lain sebagainya. Kesimpulannya, sesuaikan target pasar yang potensial untuk melakukan penawaran atau memasarkan produk Anda. 

2. Gunakan Hashtag saat Promo 

Saat mem-posting foto produk atau penawaran diskon, gunakanlah hashtag yang sesuai dan selipkan satu hashtag populer. Tujuannya agar posting-an Anda dapat dengan mudah terindeks dan ditemukan oleh calon pembeli. 

3. Tandai Pelanggan, Jangan Acak 

Memberi tanda pada foto atau status di media sosial yang mendukung fitur ini memang efektif menarik perhatian orang. Tetapi sembarang memilih orang dapat berujung pada pelaporan spam atau paling buruk ia akan menghapus pertemanannya, terlebih akan menghujat Anda. 

4. Pasanglah Foto Profil yang Menampilkan Produk Unggulan Anda 

Ganti foto profil secara berkala. Misalnya di media sosial Facebook, gantilah minimal sebulan sekali dengan produk yang memang Anda jajakan, kemudian ganti juga foto cover photo dengan yang lebih fresh. 

5. Gunakan Kalimat yang Menarik 

Pelajarilah beberapa bahasa marketing yang efektif, atau sales letter pendek yang menggugah minat follower untuk membaca. Sertakan juga bahasa ajakan atau dorongan halus untuk melihat produk-produk Anda. 

6. Hindari Kampanye Negatif Terhadap Pesaing 

Persaingan usaha/bisnis merupakan hal biasa, jangan sampai Anda membuat kampanye negatif, misalnya menjelek-jelekkan produk pesaing Anda. Karena di dunia online, semakin tertindas seseorang maka akan membuat semakin banyak dukungan didapatkan. Begitu juga sebaliknya, semakin menindas orang lain, maka Anda akan semakin dibenci / tidak disukai. Be a good seller! 

7. Metode Marketing Flash Sale 

Maksudnya begini, sesekali gunakanlah bahasa penawaran yang di dalamnya terdapat rentang waktu. Sebagai contoh, penawaran diskon dengan rentang waktu hanya beberapa hari saja. Atau penawaran bebas ongkos kirim dengan kategori pembelian minimal sekian dengan batas waktu sampai sekian hari. 

8. Bangun Komunikasi Aktif dengan Pelanggan 

Di dalam sosial media biasanya ada fitur notifikasi hari ulang tahun teman. Nah, bangunlah hubungan personal dengan follower dan pelanggan dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka. Atau jika dia merupakan pelanggan setia Anda, perlu Anda memberikan hadiah-hadiah kecil. Hal ini akan membuat mereka merasa semakin dekat dengan Anda dan seperti halnya investasi, di masa depan mereka akan menjadi aset berharga dalam penjualan produk anda. 

9. Berikan Respon dengan Cepat 

Banyak pelaku e-commerce yang menganggap bahwa sosial media hanyalah tempat berbagi dan promosi, setelah itu selesai. Padahal lewat media ini perlu juga dibangun interaksi yang bagus dan aktif. Setiap hari pastikan Anda menjawab pertanyaan dari follower. Respon yang tunjukkan harus ramah dan Anda berikan penjelasan yang terperinci. Agar calon pembeli merasa puas dan nyaman atas pelayanan Anda. 

10. Buatlah Status atau Posting-an yang Bersifat Personal atau Sesuai Tren 


Sekali tempo perlu Anda membuat status atau posting-an yang bersifat personal atau mengomentari berita yang sedang bumming/hot. Hal ini untuk membuat Anda membaur seperti akun-akun yang lainnya. 

Sosial media bisa jadi lumbung emas jika Anda manage dengan benar. Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga reputasi dan nama baik, utamanya pada produk Anda. Tunjukkan sikap yan friendly dan sopan. Karena jika sekali saja membuat kesalahan yang dianggap fatal, semua orang akan mengetahuinya dengan cepat bahkan dalam hitungan menit.