Tutorial Baru Membuat Konten Original

Tutorial Baru Membuat Konten Original

Membuat konten yang original memang cenderung membuat Anda malas untuk membangun sebuah situs. Terutama konten yang berwujud artikel, dapat dipastikan pekerjaan tersebut merupakan sesuatu yang membosankan dan membuat Anda jenuh. Namun disisi lain, Anda akan mendapat banyak manfaat dari membangun situs yang berisi konten-konten original. Selain mendapatkan imbal balik/feedback yang memuaskan dari pihak Google, seperti contoh Situs Website Anda memasuki halaman pertama pada mesin pencari Google, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel Tutorial Baru Optimalkan Konten Agar Masuk Halaman Pertama. Selain itu juga dapat menambah wawasan Anda secara pribadi mengenai wawasan dalam tema/topic yang telah Anda pilih tadi. Karena di dalam Anda menulis/membuat konten yang Original secara langsung ataupun tidak langsung Anda akan memahami terlebih dahulu apa yang akan Anda tulis.

Kami sampaikan tutorial baru untuk menambah wawasan dalam membuat konten yang original;

1. Silahkan baca konten/artikel dengan tema/topik yang serupa dengan tema yang akan Anda tulis


Disini dibutuhkan minimal 2 (dua) referensi sebagai bahan pembanding setiap materi. Sebagai contoh; jika Anda hendak menulis/membuat konten news/berita, baca terlebih dahulu beberapa artikel yang menceritakan kejadian yang sama minimal 2 (dua) atau 3 (tiga) bahan dari portal berita terpercaya yang berbeda. Anda ambil contoh mengambil berita dari grid(dot)com dan detik(dot)com, Anda cari topic yang sama untuk memperkaya informasi dan bahan pembanding. Tutorial baru menyarankan untuk mencari juga berita tema tersebut di portal news yang bersumber dari luar negeri seperti contoh; time, bbc, dll.

2. Fahami maksud dan artikel tersebut, lalu Anda tulis dengan gaya bahasa Anda sendiri

Jika sudah selesai membaca dan memahami artikel tersebut, apalagi dari 3 sumber yang berbeda, kemudian Anda rangkum dan Anda sampaikan kepada publik/Anda ceritakan kembali apa yang Anda baca tadi. Dengan gaya bahasa Anda sendiri dengan perincian dan penjelasan yang lebih lengkap dari hasil penggabungan dari 3 (tiga) artikel menjadi 1 (satu) artikel.

Secara simple tutorial baru dapat menyimpulkan artikel/konten yang Anda buat tadi mendapat kategori artikel yang unik karena kaya sumber dan tidak sepotong-sepotong.

3. Bedakan antara judul posting dan deskripsi penelusuran agar keunikan dan pembeda dengan artikel lain muncul

Perkaya keunikan konten/artikel dengan cara memodifikasi Judul dan Deskripsi Penelusuran dengan istilah-istilah yang tidak lazim dan jarang digunakan atau belum pernah digunakan oleh situs/web lain, sebagai tolak ukur dapat Anda lihat judul artikel serupa di mesin telusur halaman pertama dan kedua.

4. Gunakan gambar/foto hasil karya sendiri

Untuk konten/artikel berita, tingkat kebenaran sebuah kabar dapat diindikasikan dengan tampilan gambar/foto dokumentasi pendukung yang tepat. Foto tersebut bisa berupa foto peristiwa terkait atau berwujud ilustrasi peristiwa. Untuk foto asli peristiwa yang Anda ambil di internet (copas) usahakan untuk menggabungkan beberapa foto jadi satu, bisa menggunakan teknik kolase. Penggabungan dapat dilakukan menggunakan aplikasi coreldraw, photoshop, aplikasi edit image instant, atau aplikasi lain yang sekiranya Anda dapat menjalankannya. Selain itu foto/gambar juga dapat dipadukan dengan ilustrasi yang relevan dengan isi artikel.

5. Cek ulang keunikan konten/artikel sebelum dipublikasikan


Jika langkah tutorial di atas pada bagian pertama, kedua dan ketiga sudah dilakukan yang menjadi sangat penting adalah Anda cek ulang tingkat keunikan konten/artikel dengan artikel lain. Langkah ini dapat dijalankan pada aplikasi khusus pemeriksa artikel seperti Plagiarism Checker. Memang terkadang ada kesamaan kalimat yang membuat prosentase tingkat keunikannya menjadi tidak full 100%. Apabila terjadi hal tersebut, silahkan rubah/tata ulang kalimat tersebut atau Anda hapus saja dari konten/artikel yang akan Anda publikasikan, dengan catatan selama tidak mengurangi makna dan isi dari konten yang Anda buat. Upayakan hasil analisa tersebut minimal mencapai 90% unique content.

6. Segera submit/indeks URL konten/artikel di Goolge Webmaster

Untuk langkah terakhir adalah mempublikasikan artikel anda se-segera mungkin, karena artikel berita tingkat persaingan serp google nya sangat tinggi, terutama artikel kabar terkini/hot news. Setelah dipublikasikan langsung Anda minta indeks URL konten/artikel di Google Webmaster Tool lalu submit URL artikel tersebut ke Alat Webmaster.

Semoga dengan mengikuti 6 langkah tutorial baru diatas, konten/artikel Anda dapat bersaing dengan artikel lain dengan tema/topik yang sama di mesin telusur terbesar di dunia Google.

0 Response to "Tutorial Baru Membuat Konten Original"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel